MENU : Home | Contact
Di publikasikan oleh LesQuran.com

Pentingnya belajar membaca Alquran bagi umat Islam.



LesQuran.com | Malang | Belajar membaca Alquran atau sering juga disebut belajar mengaji sangat penting dilakukan bagi umat islam. Telah disyariatkan bagi orang Islam untuk selalu memperhatikan Al-Qur’an, memperhatikan membacanya, tajwidnya, dan men-tadabburi-nya serta mengamalkannya pasti dia diberi pahala, meskipun tidak menghafalnya. Al-Qur’an adalah Kalamullah dan hanya membacanya karena Allah bisa mendapatkan pahala, sehingga Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya : “Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka dia mendapat satu kebaikan, sedangkan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat, saya tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.”

Ada beberapa ayat Alquran dan Hadist yang mensyariatkan sebagai hak bagi orang Islam yaitu selalu menjaga untuk membaca Al-Qur’an dan melakukannya sesuai kemampuan sebagai pelaksanaan atas firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. Diantaranya adalah:
“Artinya : Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur’an)” [Al-Ankabut : 45]

“Artinya : Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu kitab Tuhanmu (Al-Qur’an)” [Al-Kahfi : 27]

“Artinya : Dan aku perintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang menyerahkan diri. Dan supaya aku membaca Al-Qur’an (kepada manusia)” [An-Naml : 91-92]

Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Artinya : Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya dia datang memberi syafa’at bagi pembacanya di hari Kiamat” [Hadis Muslim]

Membaca Alquran dimulai belajar membaca Alquran itu sendiri, bagaimana bisa seseorang membaca Alquran namun tidak belajar membaca alquran atau belajar mengaji. Sehingga sudah menjadi keharusan bagi umat islam untuk belajar membaca Alquran. Belajar membaca Al Qur’an itu sesutau yang mudah, tidak ada kata sulit dalam mempelajari Al Qur’an. Niat dan tekad belajar sungguh-sungguh serta meluangkan waktunya adalah kunci utama untuk sukses membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Sesuai dengan firman Alloh “Artinya : Dan sesungguhnya telah kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Al-Qomar: 17, 22, dan 32).

Informasi & Pendaftaran
Les Quran

LesQuran.com
Belajar Baca Quran Di Malang Raya
0877 5996 9545 (Admin)


Untuk Informasi / Pendaftaran, Hub :




Berlangganan Blog ini via Email :